Andreas Susanto Mengajak Kader IMM untuk Menjadi Garda Terdepan Membela HAM

Hak asasi manusia atau HAM merupakan hak dasar yang dimiliki oleh manusia. HAM sendiri diperingati oleh orang-orang di seluruh dunia termasuk Indonesia pada tahun 1948 dan mulai diperingati pada 1950.
10 Desember dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum Humanisme. (Sumber wikipwdia.com)

Ada 6 jenis HAM, yaitu hak asasi sosial, ekonomi, politik, sosial budaya, hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam tata cara peradilan, dan hak untuk mendapat persamaan dalam hukum dan pemerintahan.

Dilansir dari Berikata.com peringatan hari HAM yang jatuh pada tanggal 10 Desember ketua umum DPD IMM Jawa Timur terpilih Andreas Susanto, menyampaikan sikap saat di temui di mini hall Universitas Muhammadiyah Jember (10/18).

Andreas Susanto mengutip kata Eleanor Rooseveltr “Di mana di atas segalanya, hak asasi manusia itu di mulai? Ia di mulai dari sebuah tempat sederhana, dekat rumah kita. Tempat dimana pria, wanita, serta anak-anak mendapat perlakuan sama, kesempatan sama, kehormatan sama, tanpa diskriminasi”.
Andreas menambahkan “Persoalan HAM di dunia ini akan selalu menjadi isu yang tak bisa di tepikan, dia berada di dekat kita”.

Apabila direnungkan kembali, memang benar bahwa HAM saat ini mulai memudar. Konsep HAM hanya dimiliki oleh orang-orang yang berkuasa, tetapi tidak bagi orang-orang yang tak berdaya. Keberadaannya mulai tak dianggap sebagai sesuatu mendasar yang seharusnya disadari dimiliki oleh seluruh manusia dan tak pandang bulu.
IMM sebagai organisasi mahasiswa yang megedepankan Tri Kompetensi dasar hendaknya mampu menjadi benteng dan secara tegas mebela keadilan untuk ditegakkannya HAM. Kader-kader IMM haruslah menjadi garda terdepan atas kesadaran kembali bagaimana hukum dan hak harus ditegakkan dan dilaksanakan beriringan.

“Di momentum hari hak asasi manusia ini saya mengajak untuk merefleksikan kembali semangat kebersamaan agar mendapat perlakuan yang sama itu di mulai dari kesadaran diri kita sendiri untuk memperlakukan perbuatan yang baik kepada setiap orang terkhusus di sekitar kita. Harapan tersebut harus tumbuh dari kader kader IMM khususnya Jawa Timur” tandasnya.

 

Dilansir dari berikata.com

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *