IMM Jember : Eksploitasi Bukit di Jember Menelan Korban

Pimpinam Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) kabupaten Jember
turut berduka cita atas kejadian longsor akibat aktivitas pertambangan kapur kawasan Gn. Sadeng puger-Jember yang menelan korban jiwa (25/03)

Berdasarkan izin pertambangan atas nama PT Asiatik yang di keluarkan oleh Provinsi Jatim kegiatan pertambangan adalah eksplorasi dan eksploitasi batu kapur yang digunakan sebagai bahan baku produksi semen, Izin penambangan yang dimiliki PT Asiatik di gunung kapur Sadeng tersebut mencapai 40 hektare,” kata Kepala Disperindag dan ESDM Jember, Achmad Sudiyono, di Jember. (Beritasatu.com)

Akibat aktivitas tambang yang telah aktif sejak tahun 2017 itu mengakibatkan
rusaknya tatanan ekologi di kawasan pertambangan, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa yaitu 2 orang dan 1 orang masih belum ditemukan akibat longsor.

Pada longsornya kawasan pertambangan di indikasikan adanya kelalaian pihak terkait dan mencerminkan bahwa masih lemahnya pengawasan Disperindag&ESDM yang merupakan tambang semen terbesar di Jember

Menurut Mohammad Sholeh Ketua Bidang Maritim dan Agraria PC IMM Jember,
“Pertambangan di gunung Sadeng, Puger harus di teliti ulang terkait AMDAL serta bagaimana cara pertambangan yang dilakukan perusahaan yang beroperasi disana. Karena selama ini pertambangan disana menggunakan bahan peledak untuk menambang kapur, sehingga merusak ekosistem yang berdampak pada sektor pertanian dan nelayan.

“Saya menuntut perusahaan di Gunung Sadeng bertanggung jawab baik secara materi maupun moral kepada keluarga korban”.

Sementara ini bidang maritim dan agraria PC IMM JEMBER masih menggali data lebih dalam terkait kejadian yang terjadi di kawasan gunung Sadeng Puger.

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *