IMM Jember : Diskusi Pertambangan Bersama Dr. Ibnu Sina SH. MH

JEMBER– Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) – Jember adakan diskusi bahas tambang, pada Rabu 27 maret 2019 bertempat di di Caffe Trilogi Jl. Semeru Gang Maya no. 59 Jember.

Hadir sebagai pemateri Andi saputra ketua umum cabang IMM Jember dan Dr. Ibnu Sina SH.MH dosen fakultas hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Acara diskusi yang di moderatori oleh Kabid hikmah IMM cabang Jember Hasroqi Abdillah ini membahas secara komprehensif mengenai pertambangan dan regulasi yang mengaturnya.

Andi mengungkapkan persoalan tambang adalah salah satu persoalan Nasional yang harus terus di kampanyekan sebagai perjuangan keadilan karena menurutnya pertambangan sangat merugikan elektoral bawah.

‘’Dari hasil survey pada tanggal 26 Maret 2019 lalu oleh bidang hikmah PC IMM Jember bersama bidang  agraria  maritim didapat data bahwa hak-hak buruh tambang  batu hitam dan kapur di Gn. Sadeng Puger – Jember banyak yang tidak terpenuhi, itu contoh kecil dari sekian banyak ketidakadilan tambang di Indonesia’’ungkap Andi.

 ‘’Persoalan ini harus dirasakan bersama terutama masyarakat akademik seperti IMM, sehingga masyarakat bawah tidak terus menerus tertindas, caranya dengan terus mengkampanyekan dan melawan ketidakadilan tambang yang di lakukan oleh Kapital Tambang’’

Sedang Dr. Ibnu sina mengatakan ”Pomodal tambang begitu kuat dengan modalnya didukung kerja samanya dengan birokrasi membuat mereka seperti dinosaurus, bahkan 10% dari hasil tambang  itu di proyeksikan untuk pengamanan tambang. pengamanan tersebut mencakup banyak hal demi kelancaran pertambangan”

”Maka untuk melawannya butuh kekuatan besar juga sedang kekuatan politik hari ini ada 4 (empat) yaitu kekuasaan pemerintah, Pemodal, Media, dan Civil society’’.

Ibnu menambahkan ”Perjuuangan non ligitasi harus dipahami oleh IMM, Nah, kalau IMM ingin melawan IMM punya 2 (dua) kekuatan yang bisa dioptimalkan yaitu sebagai civil society dan media masa”

”Itu sudah cukup untuk memberi pengaruh terhadap kebijakan-kebijakan tambang yang tidak berpihak kepada masyarakat­­’’ tandasnya .

Diskusi ini adalah rancangan tidak lanjut IMM Jember dalam mengawal tambang  di Gn. Sadeng – Puger – Jember sebagai edukasi kepada kader IMM di Jember menganai kondisi objektif tambang di Jember

Turut hadir dalam diskusi komisariat IMM se-Jember, PMII Jember, BEM FH Unmuh Jember dan Mahasiswa Universitas Negeri Jember.

 

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *