TOLAK REGULASI NGAWUR, MAHASISWA JEMBER GELAR AKSI TURUN JALAN

Ratusan mahasiswa Jember yang tergabung dalam Cipayung (IMM, GMNI, KAMMI dan HMI) dan Organisasi Mahasiswa Kampus (BEM, HMJ Dll) menggelar aksi “TOLAK REGULASI NGAWUR” pada tanggal 23 September 2019, yang dimulai dari Double Way Unej dan berakhir di depan kantor DPRD Jember.

Dalam aksi tersebut mahasiswa Jember menolak disahkannya Undang-Undang KPK, Rancangan KUHP, RUU Pertanahan dan RUU Pemasyrakatan dan meminta kepada presiden Jokowi untuk mencabut UU KPK yang baru disahkan dengan peraturan pengganti UU.

“Kami minta kepada Presiden dan DPR untuk selalu memperhatikan dan mengindahkan aspirasi rakyat dalam membentuk Undang-undang”, kata Ketua HMI Jember Azhar Adaby dalam aksi tersebut

Menurut Ketua GMNI Jember Ilham Fidaruzziar, pembahasan UU KPK telah menabrak prosedur pembentukan peraturan perundang-undangan. DPR dan Presiden telah melangkahi pasal 45 UU No 12 Tahun 2011 dengan tidak memasukkan RUU it uke dalam Program Legalisasi Nasional.

“RUU pertanahan sangat mengandung unsur liberalisasi tanah. Politik hukumnya tak lagi berpihak pada kesejahteraan petani dan penguasaan lahan atas nama investasi semakin besar”, Kata Ketum IMM Jember Andi Saputra

Menurut Ketua KAMMI Jember Hanif Arifin, RUU KUHP yang mengandung pasal-pasal karet dan multitafsir berpotensi memenjarakan seseorang dalam melindungi. Mengkritik Presiden pun diharamkan oleh RUU ini. Sementara RUU Pemasyarakatan menurunkan efek jera yang sepatutnya dirasakan oleh narapidana.

Akhirnya, para mahasiswa diterima langsung oleh tiga anggota DPRD Jember, Ahmad Halim (Gerindra), Dedy Dwi Setiawan (Nasdem). Para anggota DPRD tersebut menerima Aspirasi mahasiswa dan mendukung penuh mahasisawa Jember Untuk Menolak RUU Pemasyarkatan, RUU Pertanahan, UU KPK dan RKUHP.

Pertnyataan sikap ini pun dikirim Via Pos Faksimili Ke DPR-RI. Menurut Halim (Gerindra), “ini adalah sikap nasional. Seandainya tidak direspon pemerintah pusat, otomatis ada resiko terhadap mereka. Yang jelas kami sudah memperjuangkan dan meneruskan aspirasi mahasiswa tersebu

Reporter : Libra

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *