Surat Palsu Mengatasnamakan Muhammadiyah Jember, Ini kata Ketua PDM

Pasca beredarnya surat berkop Pengurus Cabang Muhammadiyah Kabupaten Jember beredar luas digroup WhatsApp, dipastikan sebagai surat palsu.

Dalam surat yang beredar tertera bahwa surat tersebut ditujukan kepada Pimpinan Jama’ah Yasinan dan tahlil dan mengajak berdebat soal pembacaan dzikir bersama, tahlil, tawazul dan lain lain, pada 27 Januari 2020 pukul 18.00 disurat juga di berikan Nota Bene (NB) apabila jama’ah Yasin dan tahlil kalah maka harus ikut dalam ormas Muhammadiyah.

Salah seorang pengirim digroup WhatsApp Roziq menyatakan ia mendapatkan info bahwa surat tersebut jatuh di salah satu pondok milik kyai di sadengan kasiyan puger “Coba saya cari lagi kebenaranya, ini dari temen yang rumahnya kasian” tulisnya, Rabu (29/01/2020), Pukul 13.01 digroup Komunitas Matahari Jember.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember, Ustad Kusno, S.Ag. M.Pd.I Mengungkapkan pihaknya tidak tahu prihal surat tersebut karena selama ini tidak ada surat tembusan, maupun PDM mengeluarkan surat seperti yang beredar.”DiMuhammadiyah tidak ada Pengurus Muhammadiyah Kabupaten adanya Pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten ” Ujar Ustad Kusno

Dari fakta – fakta yang ada, pihaknya memastikan bahwa surat tersebut Palsu dan bukan Pimpinan Muhammadiyah yang membuatnya, Rabu(29/01/2020). Lebih lanjut lagi Ustad Kusno berharap agar pihak yang berwenang menelusuri siapa pembuat surat sehingga tidak menimbulkan keresahan didalam kehidupan keberagamaan diKabupaten Jember. “Selama ini Muhammadiyah tidak pernah berdakwah dengan cara yang bisa memperlemah kerekatan dan kedekatan dengan pihak manapun” tandasnya.

Merespon hal tersebut Ustad Kusno melalui sambungan WhatsApp memeberikan kalirifikasi sebagai berikut:

Dengan segala kerendahan hati dan semangat merekat kebersamaan dalam menciptakan suasana Kabupaten Jember yang aman, tenang dan damai, Sehubungan beredarnya surat yang berlogo Muhammadiyah dan mengatasnamakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kabupaten Jember, dengan hormat , Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Bahwa surat tersebut adalah HOAX tidak benar. Di Kabupaten Jember tidak ada Pimpinan Cabang Muhammadiyah, yang ada adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember.

2. Sehubungan dengan hal tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jember berharap kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini Kepolisian Resort Jember sesuai kewenangannya untuk melakukan pengusutan pengedaran dan penyebaran, serta menghentikan perbuatan yang dapat menganggu kondusifitas keamanan dan ketenangan kehidupan keberagamaan di Kabupaten Jember.

3. Meminta kepada seluruh Pimpinan, Kader, anggota, dan warga Muhammadiyah baik dijajaran persyarikatan Muhammadiyah maupun di Amal Usaha Muhammadiyah untuk tidak berlebih lebihan dalam mensikapi surat Hoax tersebut, dan hendaknya lebih fokus dalam berkhidmat melayani umat dan masyarakat sesuai matan keyakinan dan cita cita hidup Muhammadiyah serta mengindahkan ketentuan hukum dan perundangan yang berlaku. Demikian pernyataan sikap ini dilakukan, agar dapat dimaklumi sebagaimana mestinya.

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *