Amar Ma’ruf Nahi Munkar: Konsep Dan Pemikiran Ar. Fahruddin

Designed By Bidang Media Komunikasi PC IMM Jember

Kita sering mendengar kata Amar Ma’ruf Nahi Munkar dalam kajian, kutbah, dan diskusi-diskusi pengkaderan di persyarikatan Muhammadiyah. Penjelasan dan pengertian banyak merujuk pada Al Qur’an dan Hadist sesuai dengan pedoman Muhammadiyah, dalam pengertiannya Amar Ma’ruf Nahi Munkar adalah memerintahkan untuk melakukan perbuatan yang baik dan mencegah yang buruk. Pengertian ini tidak lagi asing di telinga kita. Sehingga, dalam menafsirkan kata ini kita bisa menggunakan pemikiran kita sendiri dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai ranah perjuang di tempat masing-masing.

Penulis ingin mengulas pengertian dan konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar sesuai pemikiran dan pandangan mantan ketua umum pimpinan pusat Muhammadiyah tahun 1968-1990 (AR. Fahrudin) beliau adalah cedikiawan muslim yang pernah dimiliki Muhammadiyah pada masanya. Pemikirannya yang moderat dalam berdakwah selalu mengutamakan implementasi gerakan secara langsung ketimbang implementasi retorika di mimbar, diskusi ataupun forum-forum keagaam lainnya. Sehingga, dalam pembahasan kali ini penulis sekali lagi menegaskan akan mengulas secara singkat konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar menurut pak AR (panggilan akrabnya).

Menurut pak AR konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar memerintahkan untuk berbuat baik dan mencegah dari perbuatan yang buruk. Dalam konsepnya meratakan kebaikan bisa tercapai apabila orang Islam mau mengajak atau menyeru kepada yang baik dan mencegah dari kemungkaran (keburukan), jelek, tidak baik dalam dunia rumah tangga, keluarga, kampung/desa, Negara, dan seterusnya hingga tercapailah kebaikan, aman, tentram, serta makmur apabila masyarakat/warganya mau beramar Ma’ruf Nahi Munkar, mengajak dan memerintahkan berbuat kebaikan dan mencegah kepada keburukan ( Hal 216-217 ).

Sebaliknya, jika rumah tangga, keluarga, kampung/desa, negara dan seterusnya tidak mau mengajak kebaikan dan mencegah kepada yang buruk tidak akan tercapai suatu keadilan, tentram, aman. Jika konsep ini dipakai ada pepatah yaitu “baik, diam, buruk, diam”. Inilah yang sangat berbahaya. Karena rasa apatis dalam masyarakat sudah tumbuh dan ketika melihat kejahatan masyarakat tidak peduli dan lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bersama.

Bagaimana cara Amar Ma’ruf Nahi Munkar?

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW, “Siapa yang memerintahkan kebaikan, caranya pun harus dengan cara yang baik”. Sabda Rasulullah tersebut mengandung pelajaran yang amat mendalam, bahwasanya dalam mengajak kebaikan pada sesama muslim maupun non muslim caranya harus dengan yang baik. Jika menggunakan ucapan, harus dengan ucapan yang baik, jika menggunakan prilaku, gunakan perilaku yang baik serta mengedepankan Akhlakul Karimah, sesuai dengan yang akhlak Nabi Muhammad SAW. 

Agama Islam adalah agama yang ringan, artinya tata cara, ucapannya, tidak sulit dan tidak menyulitkan serta tidak banyak larangan, asalkan masih dalam koridor Syariat agama Islam. Namun demikian, bagi orang yang menginginkan kebebasan berlebihan, agama Islam dirasakan sangat berat, karena bertentangan dengan hawa nafsunya (Hal. 217).

Oleh karena itu, sebagai muslim jika mengajak masyarakat ke pada agama Islam diperintahkan untuk bertutur kata yang baik dan bersikap bijaksana. Jika mengajak dengan perkataan, gunakanlah tutur kata yang baik dan menyenangkan, dan dan jika mengajak dengan contoh perbuatan, berikanlah contoh perbuatan yang menyejukkan dan bisa di terima dengan baik sesuai dengan akhlak Nabi Muhammad SAW. Seperti halnya Firman Allah, “Ajaklah Meraka kepada agama Allah dengan bijaksana dan petunjuk yang baik. Demikian cara kita beramar Makruf nahi mungkar” (Hal. 217).

Sumber: Fahruddin, AR. 2012. TANYA JAWAB, yang ringan-ringan: Yogyakarta. Suara Muhammadiyah.

*) Oleh Wildany Nuril Fadli (Ketua Korkom IMM Unej)

*) Tim Medkom PC IMM Jember Menerima Opini baik Dari Kader Ataupun Alumni IMM. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Opini Dikirim Ke Alamat Email Immjember@email.com

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *