Langkah Awal Lahirkan Insan Pers, IMM Jember Gelar Ruang Belajar Cendikiawan

IMMawan Senator Iven (Kiri), Maghfur El-Muhammadi (Tengah), dan IMMawan Wisu (Kanan) Dalam Acara Open Ceremony Ruang Belajar Cendikiawan (Foto : Tim Medkom PC IMM Jember)

JEMBER- Sabtu (6/3/2021) kegiatan Ruang Belajar Cendikiawan (RBC) yang digagas oleh Bidang Media dan Komunikasi PC IMM Jember usai digelar secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Bertempat di SMAM 3 Jember, kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan jurnalistik dan desain grafis. Dalam acara opening ceremony turut dihadiri oleh Ketua Lembaga Informasi dan Komunikasi PDM Kabupaten Jember Maghfur El Muhammadi dan juga ketua Korkom Unej serta seluruh komisariat se-Jember.

Mengangkat tema Membentuk Insan Pers yang Idealis dan Profesional dalam Rangka Menciptakan Independensi Media, RBC ini diikuti oleh perwakilan dari kader Komisariat se-Jember. “Kegiatan ini (RBC) diikuti oleh 23 peserta dari 14 Komisariat se-Jember yang  akan mengikuti kelas Jurnalistik dan Desain grafis dalam ruangan yang berbeda” terang ketua panitia RBC, IMMawan Tegar.

Pemateri RBC ialah orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya. Andi Saputra (Jurnalis Tadatodays dan anggota AJI Jember), Bagus Supriadi (Wartawan KOMPAS.com), Fahrudin Romadhona (Digital Marketing Consultant dan Content Writer), Abdul Jalil (Staff P3DI UM Jember dan Owner AJE Desain) dan Tim Medkom.

Pelatihan ini diharapkan bukan hanya sebagai event satu hari yang tak berkelanjutan. Insan pers yang diharapkan ialah lahirnya bibit-bibit baru yang memiliki kompetensi dan skill yang terasah secara konsisten. Kabid Medkom PC IMM Jember, IMMawan Senator Iven Budianto menegaskan kembali bahwa RBC ini adalah langkah awal untuk melahirkan wadah bagi kader-kader yang memang ingin berfokus di bidang tersebut.

Output dari kegiatan RBC ini adalah lahirnya wadah berupa Lembaga Pers yang sifatnya independen namun orang-orang yang berkarya di dalamnya adalah kader IMM Jember” jelasnya.

Bagaimanapun apiknya kemasan yang dibuat, yang terpenting adalah konsistensi dari orang-orang yang ada di dalamnya. Konsistensi inilah yang akan melahirkan suatu hasil nyata baik bagi individu itu sendiri maupun dampak positif bagi sekitarnya.

Bagus Supriadi (Wartawan KOMPAS.com) saat Menyampaikan Materi Teknis Penulisan Berita dan Opini (Foto : Tim Medkom PC IMM Jember)

“Apa-apa yang kawan lakukan sekarang adalah apa-apa yang kawan-kawan tuai nanti, ibarat pula pohon jati. Kawan-kawan tidak bisa melihat hasilnya secara cepat, tapi InsyaAllah akan membawa berkah di masa mendatang” Tutur ketua PC IMM Jember, IMMawan Wisnu Wilyan Daris kepada seluruh peserta RBC.

IMM adalah sebuah gerakan ilmu yang diharapkan mampu menyampaikan kebenaran-kebenaran dan ilmu-ilmu. Melalui media yang serba digital ini IMM hendaknya bisa mengambil momentum sebagai ajang Dakwah baik berupa tulisan maupun gambar visual. Betapa masifnya dunia berkembang, sehingga kader IMM pun harus menyesuaikan diri dalam keadaan zaman. Melalui digitalisasi media, kader IMM juga harus tetap belajar kritis, analitis, dan responsif.

Ketua Lembaga Informasi dan Komunikasi PDM Kabupaten Jember berpesan bahwa untuk berada dalam dunia digital harus lari marathon bukan lagi lari cepat. “Harus lari marathon, jangan panas diawal. Sesuaikan  nafas dan gerak masing-masing agar tetap konsisten. Tuangkan saja pikiran-pikiran yang progresif, jangan takut salah. Tekuni dan kuasai”. Tegasnya.

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *