Tak Ada yang Pasti, Hanya Teladan Rasulullah

Designed By Bidang Media Komunikasi PC IMM Jember

TENTUNYA masih ada dalam ingatan kita sampai saat ini bagaimana presiden prancis emmanuel macron secara tegas mengatakan bahwa islam adalah agama yang mengalami krisis di seluruh dunia, ucapan ini terlontar setelah kejadian pembunuhan secara tragis yang dialami oleh seorang guru di prancis karena membuat dan memperlihatkan karikatur nabi muhammad SAW kepada murid-muridnya di dalam kelas. Macron mengatakan “negara tidak mengkritik tindakan seorang guru tersebut yang memperlihatkan karikatur nabi muhammad SAW”. Ia juga menggambarkannya sebagai perwujudan dari wajah republik. Ia membela peneribitan karikatur nabi mauhammad, sikap yang memicu kemarahan di negara-negara berpenduduk muslim

Kejadian di atas menjadi salah satu dari beberapa bentuk konflik keagamaan, sebenarnya kalau kita hendak menilik penyebab permasalahan tersebut. Hal ini tidak lepas dari yang namanya kepercayaan yang timbul dari sebuah cinta. Jika seseorang tidak memiliki cinta sedikitpun terhadap suatu hal maka tak mungkin ia akan mempercayainya apalagi membelanya malah bisa jadi akan menampilkan bentuk sikap perilaku non toleran bentuk sikap kebencian.

Boleh saja dan suka hati setiap orang memiliki perbedaan pendapat, toh itu kebebasan hak berpendapat mereka sendiri. Tetapi yang perlu menjadi perhatian jangan sampai perbedaan itu menimbulkan kekeruhan di lingkup masyarakat dengan mengintepretasikan perbedaan tersebut dalam sikap intoleran, kebencian dan permusuhan.

Allah memerintahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW dalam sebuah firmanNya “Katakanlah (wahai Muhammad kepada umatmu): Jika kalian benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa kalian“. (QS. Alu Imron: 31).” Tidak ada contoh teladan terbaik yang dimiliki oleh umat muslim kecuali teladan dari Rasulullah Mumammad SAW. “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al-Ahzab : 21)”

Banyak contoh kehidupan yang dapat kita ambil dalam diri Rasulullah SAW. Bagaimana Rasullullah sabar ketika beliau selalu dicaci maki setiap kali memberi makan orang yahudi buta, sabar ketika dilempar batu dan kotoran ketika dakwah ditolak. Bagaimana Rasulullah dengan sikap toleransinya serta cara bergaul beliau yang lebih mengedepankan nilai humanis, persaudaraan dalam balutan dakwah bil Hikmah.

Jikalau kita memiliki iman dan kepercayaan yang kokoh terhadap Nabi Muhammad SAW. Maka, secara pasti kita akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat meneladani nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.

Perayaan Isra’ Mi’raj tahun ini seharusnya menjadi momentum untuk dapat lebih mengimani/mempercayai kebenaran risalah Nabi Muhammad SAW dengan selalu menjaga ketaatan dalam menjalankan ibadah sebagai bentuk cinta kita kepada Beliau.

Mungkin kita masih ingat bagaimana kokohnya keimanan Abu Bakar As Siddiq. Saat Rasulullah SAW menceritakan peristiwa isra’mi’rajnya mengenai perjalanannya dari masjidil haram menuju masjidil aqso dan dilanjutkan dengan naiknya beliau ke langit menuju sidratul muntaha dalam satu malam. Ketika banyak penduduk makkah tidak percaya dan mulai meragukan kebenaran risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW bahkan Orang-orang kafir quraisy mengejeknya. Abu bakar As Siddiq adalah orang yang sangat mempercayainya dan tidak ada sedikitpun keraguan dalam hatinya.

Di masa serba tak pasti, ada satu hal yang pasti. Ialah teladan Rasulullah yang bisa selalu menjadi panduan kita dalam menjalankan hidup. Bengun sebuah keimanan dengan cinta dan wujudkan cinta dengan ketaatan.

*) Oleh Sofyan Suryantara (Ketua Bidang Tabligh PC IMM Jember)

*) Tim Medkom PC IMM Jember Menerima Opini baik Dari Kader Ataupun Alumni IMM. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Opini Dikirim Ke Alamat Email Immjember@gmail.com

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *