57 Tahun IMM: Kontekskan Nilai, Mencerahkan Kehidupan

Designed By Bidang Media Komunikasi PC IMM Jember

Hari ini 14 Maret 2021, merupakan peringatan Milad Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan menandai bahwa ikatan ini telah berdiri selama 57 tahun. Selama itu pula IMM telah mengabdi pada agama, bangsa, negara dan persyarikatan Muhammadiyah ini. Tepatnya 14 Maret 1964, awal mula IMM didirikan dan digagas oleh Djazman Alkindi serta beberapa tokoh lainnya.


“Mengusahakan terbentuknya akademisi muslim yang berahlaq mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah”, dipilih oleh para pendiri untuk menjadi tujuan dari IMM.


Tujuan dari ikatan yang bersifat personal ini (akademisi muslim yang berahlaq mulia) diharapkan agar kemudian tujuan mulia dari Muhammadiyah yang bersifat komunal (keummatan) itu dapat tercapai yakni terciptanya masyarakat islam yang madani, dan sebenar-benarnya. Sungguh cerdas para pendiri ikatan ini mampu membaca zaman dan peluang bahwa sebuah tujuan yang mulia yakni masyarakat islam yang sebenar benarnya ini memerlukan individual – individual yang diharapkan mampu menyokong tercapainya tujuan tersebut. IMM yang menegaskan dirinya sebagai eksponensial dakwah Muhammadiyah adalah bukti bahwa ikatan ini benar-benar ingin berkontribusi penuh demi tercapainya masyarakat islam yang sebenar-benarnya.


IMM, di umur yang tak lagi muda ini telah membuktikan juga bahwa IMM mampu bertahan atas terpaan zaman. Hal ini juga membuktikan bahwa gagasan nilai-nilai dasar ikatan ini telah mampu menjelma dan diejawentahkan oleh pribadi-pribadi kader ikatan. Di usianya yang ke-57 tahun ini IMM mengambil tema besar “Membumikan Gagasan, Membangun Peradaban”. Sebuah tema yang sangat ciamik, karena gagasan-gagasan yang diciptakan oleh kader-kader IMM harus mampu dibumikan (diimplementasikan, diradikalkan) dan tidak bersifat langit, yang kemudian mampu membangun peradaban madani. Ini juga kembali pada tujuan Muhammadiyah.


IMM dari masa ke masa hanya berganti kepemimpinan fungsionalnya saja, tetapi nilai-nilai perjuangan yang dicetuskan oleh para pendiri harus tetap digaungkan dan diejawantahkan. Maka sebagai kader hendaknya harus mampu membawa dan mengkontekskan nilai-nilai tersebut sesuai zamannya. Agar IMM tetap eksis sebagai sebuah pergerakan yang mencerahkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

*) Oleh Wisnu Wilyan Daris (Ketua Umum PC IMM Jember)

*) Tim Medkom PC IMM Jember Menerima Opini baik Dari Kader Ataupun Alumni IMM. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Opini Dikirim Ke Alamat Email Immjember@gmail.com

PC IMM Jember

Website ini adalah situs resmi pimpinan cabang ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM Jember) kabupaten jember. situs ini dibuat dalam rangka memberi dan menyeber luaskan informasi terkait kegiatan dan hal hal yang dilakukan oleh cabang maupun komisariat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *